Etika Makan di Berbagai Negara (Bagian 1)

Deskripsi Iklan

Sushi Roll (Dok.Koiki Restoran)

Sushi Roll (Dok.Koiki Restoran)

VIVAlife - Tiap negara memiliki kebudayaan dan tradisi yang berbeda, begitu pula dengan etika juga aturan sopan santun. Di Indonesia misalnya, etika saat makan adalah harus memakai tangan kanan dan tidak boleh mengecap atau bersuara.

Di negara-negara lain, etika saat makan tentu saja berbeda dengan di negara kita. Saat singgah ke negara lain entah dalam rangka liburan atau urusan pekerjaan, tentu saja Anda harus menyesuaikan diri dengan etika yang berlaku. Jangan sampai dianggap tidak sopan atau tidak menghargai Chef. Untuk itu, simak beberapa etika makan di berbagai negara di dunia berikut ini.

Jepang

Saat menyantap mi, suara menghirup atau menyedot dengan suara kencang dianggap memuji sang Chef atau juru masak restoran. Bahkan semakin keras suara Anda semakin baik. Hal ini juga berlaku ketika menyantap hidangan berkuah lain. Selain itu, menggunakan sendok tidak berlaku. Anda harus meminum kuah langsung dari mangkuk.

Masyarakat Jepang yang selalu menggunakan sumpit untuk makan juga memiliki etika lain yaitu tidak boleh menyilangkan sumpit, menjilat sumpit atau menaruh sumpit secara vertikal di mangkuk berisi nasi. Hal-hal tersebut dianggap tidak sopan di Jepang dan beberapa negara Asia lain seperti Korea dan China.

India

Sama seperti di Indonesia, menggunakan tangan kanan saat makan adalah suatu kewajiban di India. Makan dengan tangan kiri dianggap tidak bersih dan tidak sopan. Mereka juga terbiasa makan tanpa menggunakan sendok dan garpu dan langsung dengan tangan. Hal ini juga berlaku di timur tengah dan di beberapa tempat di Afrika.

Perancis
Di Perancis, Anda diharuskan menggunakan dua tangan untuk makan yaitu dengan memegang garpu dan pisau atau garpu dan roti. Seperti dikutip dari Huffingtonpost.com, roti disajikan bukan sebagai hidangan pembuka, namun sebagai alat makan sama seperti pisau dan garpu. Saaat Anda memakan roti, sobek sedikit bagian roti dan jangan langsung mengigit roti Anda.

Tak hanya itu, saat makan bersama teman-teman Anda di Perancis, jangan pernah menawarkan untuk membagi pembayaran atas makanan yang telah dipesan. Hal tersebut seringkali dianggap tidak sopan. Tawarkan untuk membayar keseluruhan bon atau cukup diam dan menunggu salah seorang teman Anda menawarkan hal tersebut.

Meksiko
Negara yang terkenal dengan kuliner eksotis dengan mengkombinasikan buah, sayur dan cita rasa pedas dan asam ini memiliki etika makan yang cukup sederhana yaitu selalu gunakan tangan saat makan. Di negara ini, menggunakan garpu dan pisau seringkali dianggap sombong.

Chile
Berbeda dengan Meksiko, di Chile, menyentuh makanan dengan tangan Anda dianggap tidak memiliki sopan santun. Bahkan saat memakan kentang goreng atau camilan apapun. Hal ini juga berlaku di Brasil, dimana masyarakatnya selalu menggunakan garpu dan pisau saat makan, termasuk saat menyantap pizza dan burger.

Deskripsi Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>